Hebatnya Dan Ampuhnya Do'a Sapu Jagat

by Aгģαταş on 05:12 PM, 29-Jan-13

Category: Islam

Assalamu'alaikum.wr.wb
Apa kabar sobat''ku semua dan bagaimana aktifitas di mwb sobat semua,,?
doa.jpg
Oh ya aku sebagai empunya blog ini minta maaf yang sebesar besarnya,karena sudah lama tidak update ataupun tidak berkunjung di blog sobat semua,selepas sembuh dari ujian ALLAH SWT,tempo hari rasa''nya aku malas tidak kembali ke dunia maya ini,namun disisi lain aku juga ingin berkreasi walaupun hanya sekedar dunia maya..

Ya udah sobat,kita lanjut ke artikel selanjutnya tentang ampuhnya do'a sapu jagat..
Mungkin ini banyak yang belum mengetahui bahwa do'a sapu jagad (Robbana aatina fid dunya hasanah ...) mengandung makna yang sangat luar biasa. Sampai-sampai dijelaskan bahwa do'a sapu jagad ini juga adalah do'a untuk mendapatkan wanita sholihah yang setiap orang menginginkannya. Coba kita renungkan baik-baik dalam artikel singkat berikut ini.

Hanya Allah yang memberi taufik. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam Sangat Menyukai Do'a yang Singkat ini, Namun Penuh Makna.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

ُّﺐِﺤَﺘْﺴَﻳ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻥﺎَﻛ َﻚِﻟَﺫ ﻯَﻮِﺳ ﺎَﻣ ُﻉَﺪَﻳَﻭ ِﺀﺎَﻋُّﺪﻟﺍ ْﻦِﻣ َﻊِﻣﺍَﻮَﺠْﻟﺍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Hadits ini juga menunjukkan beberapa hal:

1. Dianjurkannya do’a dengan lafadz yang ringkas tapi mengandung banyak makna kebaikan.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diberi keistimewaan dengan Jawami’ul kalim, yaitu diberikan kalimat- kalimat yang ringkas ketika diucapkan namun mengandung banyak makna dalam hukum dan ilmu.

3. Kalimat yang paling baik adalah kalimat yang sedikit (ringkas), tapi syarat makna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan seseorang menggapai maksud dari pembicaraan dengan kalimat yang mudah,tapi sarat makna.

Di antara do’a ringkas, namun penuh makna adalah do'a sapu jagad:

، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ِﺓَﺮِﺧﻵﺍ ﻲِﻓَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ﺎَﻴْﻧُّﺪﻟﺍ ﻲﻓ ﺎَﻨِﺗﺁ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﺏﺍَﺬَﻋ ﺎَﻨِﻗَﻭ

“Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.”

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, :

- ﻢﻠﺳﻭ ﻪﻴﻠﻋ ﻪﻠﻟﺍ ﻰﻠﺻ - ّﻲﺒﻨﻟﺍ ِﺀﺎﻋﺩ ُﺮﺜﻛﺃ َﻥﺎَﻛ ِﺓَﺮِﺧﻵﺍ ﻲِﻓَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ﺎَﻴْﻧُّﺪﻟﺍ ﻲﻓ ﺎَﻨِﺗﺁ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ )) ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﺏﺍَﺬَﻋ ﺎَﻨِﻗَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ٌﻖﻔﺘﻣ (( .

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.
(Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Muslim menambahkan,

َﻮُﻋْﺪَﻳ ْﻥَﺃ َﺩﺍَﺭَﺃ ﺍَﺫِﺈَﻓ ﺎَﻬِﺑ ﺎَﻋَﺩ ٍﺓَﻮْﻋَﺪِﺑ َﻮُﻋْﺪَﻳ ْﻥَﺃ َﺩﺍَﺭَﺃ ﺍَﺫِﺇ ِﻪﻴِﻓ ﺎَﻬِﺑ ﺎَﻋَﺩ ٍﺀﺎَﻋُﺪِﺑ.

“Jika Anas ingin menyeru dengan suatu seruan, beliau membaca do’a ini dan jika beliau ingin berdo’a dengan suatu do’a, beliau pun membaca do’a ini.”

Beberapa pelajaran dalam hadits ini:

1. Dianjurkan untuk merutinkan do’a ini karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca do’a ini karena do’anya sungguh penuh makna yaitu mencakup tiga hal:
[1] Meminta kenikmatan di dunia,
[2] Meminta kenikmatan di akhirat,
[3] Dan agar terbebas dari api neraka.

Semoga Allah menganugerahkan kita tiga hal ini.

3. Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam do’a ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal sholih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.
Masya Allah ... luar biasa cakupan do’a sapu jagad ini.
Sampai-sampai meminta istri yang sholihah pun sudah tercakup di dalamnya.

4. Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam do’a ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat.

5. Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram.
–Inilah penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang kami sarikan dari kitab tafsirnya ketika menjelaskan surat Al Baqarah ayat 201-.
Begitu luar biasa dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam.
Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan.

6. Para sahabat begitu semangat dalam memperhatikan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga mereka pun begitu semangat dalam menjalani ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Mudah-mudah'an yang sedikit ini ada manfaatnya.

Dan aku minta maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata atau tulisan di atas, ada yang tak betul ataupun ada yang salah..?

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

51 responses to "Hebatnya Dan Ampuhnya Do'a Sapu Jagat"

Hafidzki Vandoziel [09:23 PM, 29-Jan-13]

Ini Baru ilmu,
Mantap gan. . .Go A Head

Http://chelsea25.mwb.im

Alhadi putra [11:00 PM, 29-Jan-13]

kunjungan pagi shobat,
nie sih ilmu yg brmnfaat sobsmile..

Aгģαταş [03:16 AM, 30-Jan-13]

Hafidzki Vandoziel@Makasih sob,udah datang disini

Aгģαταş [03:18 AM, 30-Jan-13]

Alhadi putra@Selamat pagi juga sob

Exodius [07:00 AM, 30-Jan-13]

waw,, emg sipp gan do'anya

Aгģαταş [07:09 AM, 30-Jan-13]

Exodius@iya sob

Ayax CCTV [10:04 AM, 30-Jan-13]

nyimak sob.. ditunggu kunbalnya.. mrgreen

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA [10:23 AM, 30-Jan-13]

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat smile

smile Alhamdulillah bisa Mengunjungi Update Terbaru di blog brader lol

Bersilaturahim adalah keindahan Brader, ma'af kalo nggak relevan dengan Artikelnya. redface

Aгģαταş [02:52 AM, 31-Jan-13]

Ayax CCTV@ boleh di baca jg sob..makasih udah hadir...

Aгģαταş [02:53 AM, 31-Jan-13]

ROAD TO HELL JALAN KE
NERAKA @ wa'alaikumsalam sob..

supari ardiansyah [02:06 AM, 01-Feb-13]

sip bro

Aгģαταş [02:25 AM, 01-Feb-13]

supari ardiansyah@makasih sob..

Dadoenks symbian kneights [04:06 AM, 01-Feb-13]

kunjungan balik sob smile

Edy setiawan [06:27 AM, 01-Feb-13]

subahanallah.
Artikel yang bermanfaat sob.

http://edy-setiawanita.heck.in/download-naruto-shippuden-episode-298-ba.xhtml

keroro [09:37 AM, 01-Feb-13]

kunjungan sore gan,.mantp post'y gan
http://keroro.mywapblog.com/download-video-dragon-ball-gt-episode-2.xhtml

Fhendy GEPAK [06:11 AM, 02-Feb-13]

Luar biasa doa ini

SoegA87 [07:16 AM, 03-Feb-13]

emang ini do'a yg sering digunakan sob.

Kikai L Gazerock [09:05 AM, 04-Feb-13]

Wah ga ada huruf latin nya sob doa nya? sad

Aгģαταş [02:39 PM, 08-Feb-13]

Dadoenks symbian kneights @ thank sob

Aгģαταş [02:40 PM, 08-Feb-13]

Edy setiawan @ mudah''an sob..

Aгģαταş [02:41 PM, 08-Feb-13]

keroro @ makasih sob

Aгģαταş [02:41 PM, 08-Feb-13]

Fhendy GEPAK @ iya sob..

Aгģαταş [02:43 PM, 08-Feb-13]

SoegA87 @ bener sob do'a ini memang atau setiap muslim pasti menggunakanya..

Aгģαταş [02:44 PM, 08-Feb-13]

Kikai L Gazerock @ minta maaf sob..tidak sempat aku menuliskanya..entar klu ada huruf''nya arab ku tambahi huruf latinya..?

SimonS Blog [05:22 PM, 08-Feb-13]

Waalaikum salam. Memang sudah sepantasnya n semestinya doa tersebut di baca oleh setiap muslim ketika ia mau berdoa. Tanks sob.


sandal.heck.in/hikmah-puasa-ramadlan.xhtml

Kikai L Gazerock [03:28 AM, 09-Feb-13]

Oke sob di tunggu... biggrin

Edo Cibayawak [07:30 PM, 11-Feb-13]

hadir gan artikel nya keren luar biasa gan...

Aгģαταş [01:06 PM, 13-Feb-13]

SimonS Blog @ betul sob

Aгģαταş [01:07 PM, 13-Feb-13]

Edo Cibayawak @ Mudah''an sob..thank udah hadir..

Aгģαταş [01:07 PM, 13-Feb-13]

Kikai L Gazerock @ ya sob

Edo Cibayawak [04:34 AM, 14-Feb-13]

mana postingan barunya kang..

Aгģαταş [03:16 PM, 14-Feb-13]

Edo Cibayawak @ Tunggu ya sob..masih berfikir apa yg akan di poskan...biggrin maklum masih belajar.

Dhimas Bayu [02:52 AM, 21-Feb-13]

postingan bermanfa'at. biggrin

Salam Guyub Rukun.

Aku wong t.a bagian segawe.
Lha awakmu?

Blogmu tak follow.
Engko follback.en

Dhimas Bayu [03:08 AM, 21-Feb-13]

Asalamualikum
Waruhmatullahi Wabarakatuh

Kunjungan pagi sensei. cheesy-grin

Postingannya bermanfa'at. biggrin

Kalau sempat mampir ke
gubuk saya, ya sensei mrgreen

Jika saya belum di follback di
mohon saya di follback. twisted

=>News Flash<=

Baca juga Naruto Shippuden chapter 621 "Hashirama dan Madara".

http://zone-naruto.p.ht/naruto-shippuden-chapter-622.xhtml

Zpras New Moon [05:25 AM, 21-Feb-13]

Kunjungan siang gan.mantab.di tggu kunbalnya.

Aгģαταş [03:08 PM, 27-Feb-13]

Domas@salam guyub rukun brow

Aгģαταş [03:10 PM, 27-Feb-13]

Zipras@ maksih sob

SintaCahturi Blog Edi Purnomo [05:13 PM, 27-Feb-13]

hadir sob
mksh bngt postnya smg berma,amfa,at bwt kt semuanya.amin,n bila berkenan d tggu kdtnganya

SintaCahturi Blog Edi Purnomo [05:14 PM, 27-Feb-13]

hadir sob
mksh bngt postnya smg berma,amfa,at bwt kt semuanya.amin,n bila berkenan d tggu kdtnganya

Wuchun Nakano [06:59 AM, 28-Feb-13]

benar-benar amazing sob...

Dhimas Bayu [03:08 AM, 01-Mar-13]

SEGAWE HADIR

Dhimas Bayu [03:09 AM, 01-Mar-13]

SEGAWE HADIR

Wakfimiliano Rodriguez [09:50 AM, 01-Mar-13]

sory sob telat mampir...
ijin nyimak postingannya sob...

Dhimas Bayu [11:17 AM, 01-Mar-13]

Blognya orang SEGAWE yg satunya biggrin

PESPAEMPAT J0IN MYWAPBLOG [09:49 PM, 20-Mar-13]

Hay teman mantap ostingan dan bermanfaat tu

Folback donk gan

Harap membaca

Jika ada waktu,dan gak ada waktu silhkan mampir keblog saya ini.karena saya selalu memberikan pengetahuan buat teman-teman ku mwb

admin [07:16 PM, 23-Mar-13]

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

admin [07:17 PM, 23-Mar-13]

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

admin [07:18 PM, 23-Mar-13]

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

SlankersJatim [04:49 PM, 29-Mar-13]

asskum... Gmn kbarx sobat,,, lama gak jumpa???

Loe gue friends

aza [11:11 AM, 28-Jun-13]

smoga bermanfaat slalu

jamaludin [06:24 AM, 19-Jul-13]

mantap kawan

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images