Hebatnya Dan Ampuhnya Do'a Sapu Jagat

Diposting oleh Aгģαταş pada 17:12, 29-Jan-13

Di: Islam

Assalamu'alaikum.wr.wb
Apa kabar sobat''ku semua dan bagaimana aktifitas di mwb sobat semua,,?
doa.jpg
Oh ya aku sebagai empunya blog ini minta maaf yang sebesar besarnya,karena sudah lama tidak update ataupun tidak berkunjung di blog sobat semua,selepas sembuh dari ujian ALLAH SWT,tempo hari rasa''nya aku malas tidak kembali ke dunia maya ini,namun disisi lain aku juga ingin berkreasi walaupun hanya sekedar dunia maya..

Ya udah sobat,kita lanjut ke artikel selanjutnya tentang ampuhnya do'a sapu jagat..
Mungkin ini banyak yang belum mengetahui bahwa do'a sapu jagad (Robbana aatina fid dunya hasanah ...) mengandung makna yang sangat luar biasa. Sampai-sampai dijelaskan bahwa do'a sapu jagad ini juga adalah do'a untuk mendapatkan wanita sholihah yang setiap orang menginginkannya. Coba kita renungkan baik-baik dalam artikel singkat berikut ini.

Hanya Allah yang memberi taufik. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam Sangat Menyukai Do'a yang Singkat ini, Namun Penuh Makna.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

ُّﺐِﺤَﺘْﺴَﻳ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻥﺎَﻛ َﻚِﻟَﺫ ﻯَﻮِﺳ ﺎَﻣ ُﻉَﺪَﻳَﻭ ِﺀﺎَﻋُّﺪﻟﺍ ْﻦِﻣ َﻊِﻣﺍَﻮَﺠْﻟﺍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Hadits ini juga menunjukkan beberapa hal:

1. Dianjurkannya do’a dengan lafadz yang ringkas tapi mengandung banyak makna kebaikan.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diberi keistimewaan dengan Jawami’ul kalim, yaitu diberikan kalimat- kalimat yang ringkas ketika diucapkan namun mengandung banyak makna dalam hukum dan ilmu.

3. Kalimat yang paling baik adalah kalimat yang sedikit (ringkas), tapi syarat makna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan seseorang menggapai maksud dari pembicaraan dengan kalimat yang mudah,tapi sarat makna.

Di antara do’a ringkas, namun penuh makna adalah do'a sapu jagad:

، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ِﺓَﺮِﺧﻵﺍ ﻲِﻓَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ﺎَﻴْﻧُّﺪﻟﺍ ﻲﻓ ﺎَﻨِﺗﺁ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﺏﺍَﺬَﻋ ﺎَﻨِﻗَﻭ

“Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.”

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, :

- ﻢﻠﺳﻭ ﻪﻴﻠﻋ ﻪﻠﻟﺍ ﻰﻠﺻ - ّﻲﺒﻨﻟﺍ ِﺀﺎﻋﺩ ُﺮﺜﻛﺃ َﻥﺎَﻛ ِﺓَﺮِﺧﻵﺍ ﻲِﻓَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ﺎَﻴْﻧُّﺪﻟﺍ ﻲﻓ ﺎَﻨِﺗﺁ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ )) ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﺏﺍَﺬَﻋ ﺎَﻨِﻗَﻭ ، ًﺔَﻨَﺴَﺣ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ٌﻖﻔﺘﻣ (( .

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.
(Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Muslim menambahkan,

َﻮُﻋْﺪَﻳ ْﻥَﺃ َﺩﺍَﺭَﺃ ﺍَﺫِﺈَﻓ ﺎَﻬِﺑ ﺎَﻋَﺩ ٍﺓَﻮْﻋَﺪِﺑ َﻮُﻋْﺪَﻳ ْﻥَﺃ َﺩﺍَﺭَﺃ ﺍَﺫِﺇ ِﻪﻴِﻓ ﺎَﻬِﺑ ﺎَﻋَﺩ ٍﺀﺎَﻋُﺪِﺑ.

“Jika Anas ingin menyeru dengan suatu seruan, beliau membaca do’a ini dan jika beliau ingin berdo’a dengan suatu do’a, beliau pun membaca do’a ini.”

Beberapa pelajaran dalam hadits ini:

1. Dianjurkan untuk merutinkan do’a ini karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca do’a ini karena do’anya sungguh penuh makna yaitu mencakup tiga hal:
[1] Meminta kenikmatan di dunia,
[2] Meminta kenikmatan di akhirat,
[3] Dan agar terbebas dari api neraka.

Semoga Allah menganugerahkan kita tiga hal ini.

3. Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam do’a ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal sholih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.
Masya Allah ... luar biasa cakupan do’a sapu jagad ini.
Sampai-sampai meminta istri yang sholihah pun sudah tercakup di dalamnya.

4. Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam do’a ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat.

5. Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram.
–Inilah penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang kami sarikan dari kitab tafsirnya ketika menjelaskan surat Al Baqarah ayat 201-.
Begitu luar biasa dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam.
Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan.

6. Para sahabat begitu semangat dalam memperhatikan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga mereka pun begitu semangat dalam menjalani ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Mudah-mudah'an yang sedikit ini ada manfaatnya.

Dan aku minta maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata atau tulisan di atas, ada yang tak betul ataupun ada yang salah..?

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

51 tanggapan untuk "Hebatnya Dan Ampuhnya Do'a Sapu Jagat"

Hafidzki Vandoziel pada 21:23, 29-Jan-13

Ini Baru ilmu,
Mantap gan. . .Go A Head

Http://chelsea25.mwb.im

Alhadi putra pada 23:00, 29-Jan-13

kunjungan pagi shobat,
nie sih ilmu yg brmnfaat sobsmile..

Aгģαταş pada 03:16, 30-Jan-13

Hafidzki Vandoziel@Makasih sob,udah datang disini

Aгģαταş pada 03:18, 30-Jan-13

Alhadi putra@Selamat pagi juga sob

Exodius pada 07:00, 30-Jan-13

waw,, emg sipp gan do'anya

Aгģαταş pada 07:09, 30-Jan-13

Exodius@iya sob

Ayax CCTV pada 10:04, 30-Jan-13

nyimak sob.. ditunggu kunbalnya.. mrgreen

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 10:23, 30-Jan-13

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat smile

smile Alhamdulillah bisa Mengunjungi Update Terbaru di blog brader lol

Bersilaturahim adalah keindahan Brader, ma'af kalo nggak relevan dengan Artikelnya. redface

Aгģαταş pada 02:52, 31-Jan-13

Ayax CCTV@ boleh di baca jg sob..makasih udah hadir...

Aгģαταş pada 02:53, 31-Jan-13

ROAD TO HELL JALAN KE
NERAKA @ wa'alaikumsalam sob..

supari ardiansyah pada 02:06, 01-Peb-13

sip bro

Aгģαταş pada 02:25, 01-Peb-13

supari ardiansyah@makasih sob..

Dadoenks symbian kneights pada 04:06, 01-Peb-13

kunjungan balik sob smile

Edy setiawan pada 06:27, 01-Peb-13

subahanallah.
Artikel yang bermanfaat sob.

http://edy-setiawanita.heck.in/download-naruto-shippuden-episode-298-ba.xhtml

keroro pada 09:37, 01-Peb-13

kunjungan sore gan,.mantp post'y gan
http://keroro.mywapblog.com/download-video-dragon-ball-gt-episode-2.xhtml

Fhendy GEPAK pada 06:11, 02-Peb-13

Luar biasa doa ini

SoegA87 pada 07:16, 03-Peb-13

emang ini do'a yg sering digunakan sob.

Kikai L Gazerock pada 09:05, 04-Peb-13

Wah ga ada huruf latin nya sob doa nya? sad

Aгģαταş pada 14:39, 08-Peb-13

Dadoenks symbian kneights @ thank sob

Aгģαταş pada 14:40, 08-Peb-13

Edy setiawan @ mudah''an sob..

Aгģαταş pada 14:41, 08-Peb-13

keroro @ makasih sob

Aгģαταş pada 14:41, 08-Peb-13

Fhendy GEPAK @ iya sob..

Aгģαταş pada 14:43, 08-Peb-13

SoegA87 @ bener sob do'a ini memang atau setiap muslim pasti menggunakanya..

Aгģαταş pada 14:44, 08-Peb-13

Kikai L Gazerock @ minta maaf sob..tidak sempat aku menuliskanya..entar klu ada huruf''nya arab ku tambahi huruf latinya..?

SimonS Blog pada 17:22, 08-Peb-13

Waalaikum salam. Memang sudah sepantasnya n semestinya doa tersebut di baca oleh setiap muslim ketika ia mau berdoa. Tanks sob.


sandal.heck.in/hikmah-puasa-ramadlan.xhtml

Kikai L Gazerock pada 03:28, 09-Peb-13

Oke sob di tunggu... biggrin

Edo Cibayawak pada 19:30, 11-Peb-13

hadir gan artikel nya keren luar biasa gan...

Aгģαταş pada 13:06, 13-Peb-13

SimonS Blog @ betul sob

Aгģαταş pada 13:07, 13-Peb-13

Edo Cibayawak @ Mudah''an sob..thank udah hadir..

Aгģαταş pada 13:07, 13-Peb-13

Kikai L Gazerock @ ya sob

Edo Cibayawak pada 04:34, 14-Peb-13

mana postingan barunya kang..

Aгģαταş pada 15:16, 14-Peb-13

Edo Cibayawak @ Tunggu ya sob..masih berfikir apa yg akan di poskan...biggrin maklum masih belajar.

Dhimas Bayu pada 02:52, 21-Peb-13

postingan bermanfa'at. biggrin

Salam Guyub Rukun.

Aku wong t.a bagian segawe.
Lha awakmu?

Blogmu tak follow.
Engko follback.en

Dhimas Bayu pada 03:08, 21-Peb-13

Asalamualikum
Waruhmatullahi Wabarakatuh

Kunjungan pagi sensei. cheesy-grin

Postingannya bermanfa'at. biggrin

Kalau sempat mampir ke
gubuk saya, ya sensei mrgreen

Jika saya belum di follback di
mohon saya di follback. twisted

=>News Flash<=

Baca juga Naruto Shippuden chapter 621 "Hashirama dan Madara".

http://zone-naruto.p.ht/naruto-shippuden-chapter-622.xhtml

Zpras New Moon pada 05:25, 21-Peb-13

Kunjungan siang gan.mantab.di tggu kunbalnya.

Aгģαταş pada 15:08, 27-Peb-13

Domas@salam guyub rukun brow

Aгģαταş pada 15:10, 27-Peb-13

Zipras@ maksih sob

SintaCahturi Blog Edi Purnomo pada 17:13, 27-Peb-13

hadir sob
mksh bngt postnya smg berma,amfa,at bwt kt semuanya.amin,n bila berkenan d tggu kdtnganya

SintaCahturi Blog Edi Purnomo pada 17:14, 27-Peb-13

hadir sob
mksh bngt postnya smg berma,amfa,at bwt kt semuanya.amin,n bila berkenan d tggu kdtnganya

Wuchun Nakano pada 06:59, 28-Peb-13

benar-benar amazing sob...

Dhimas Bayu pada 03:08, 01-Mar-13

SEGAWE HADIR

Dhimas Bayu pada 03:09, 01-Mar-13

SEGAWE HADIR

Wakfimiliano Rodriguez pada 09:50, 01-Mar-13

sory sob telat mampir...
ijin nyimak postingannya sob...

Dhimas Bayu pada 11:17, 01-Mar-13

Blognya orang SEGAWE yg satunya biggrin

PESPAEMPAT J0IN MYWAPBLOG pada 21:49, 20-Mar-13

Hay teman mantap ostingan dan bermanfaat tu

Folback donk gan

Harap membaca

Jika ada waktu,dan gak ada waktu silhkan mampir keblog saya ini.karena saya selalu memberikan pengetahuan buat teman-teman ku mwb

admin pada 19:16, 23-Mar-13

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

admin pada 19:17, 23-Mar-13

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

admin pada 19:18, 23-Mar-13

tambah ilmu sob, jk senggang kunbal n follbacknya...jk berkenan mampir ke gudang voucher pulsa elektrik...salam sukses sob

SlankersJatim pada 16:49, 29-Mar-13

asskum... Gmn kbarx sobat,,, lama gak jumpa???

Loe gue friends

aza pada 12:11, 28-Jun-13

smoga bermanfaat slalu

jamaludin pada 07:24, 19-Jul-13

mantap kawan

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar